Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki
karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf
sensorik. Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah
itu sendiri. Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan
meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi,
dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga membangkitkan emosi dan
menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas. Tetapi pada saat yang
sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap agresif. Merah
adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk
memberikan efek psikologi panas , berani ,marah dan berteriak. Beberapa
studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam
desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya
yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah
sedikit saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
JINGGA
Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat
dan ramah yang membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan
cakra sakral dan diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan
organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat
paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan
kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan
hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di gunakan pada tombol
website yang penting, seperti buy now , register now dan lainnya yang
sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi psikologis
sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit
gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai
untuk menarik perhatian orang.
KUNING
Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini
bisa dipakai sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu
rem yang berada dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi
tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat
pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu
pembuangan usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses
mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih
waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan
penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak.
Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang
yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini,
seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu
lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning
atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
HIJAU
Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau
dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu
orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi,
menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga
terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah
emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti
juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan
akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan
menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna
yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di
dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan
segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan
kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
BIRU
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa
meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di
piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh
lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi
insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain
dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal,
komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua)
akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan
pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria
dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering
di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan
warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru
merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek
lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan
kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan
nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk
mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
NILA
Warna-warna nila ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan memperkuat
sistem getah bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta
membersihkan tubuh.
UNGU
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar